Penilaian adalah suatu kegiatan untuk memberikan berbagai informasi secaraberkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil yang telah dicapai siswa”.Depdikbud (1994).
“Penilaian adalah lebih difokuskan pada peserta didik sebagai subjek belajar “.(Anthony J. Nitko:1996)
“Penilaian adalah suatu proses yang sistematis dari pengumpulan, analisis, dan interpretasi informasi/data untuk menentukan sejauh mana peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran “.(Gronlund:1985)
Penilaian pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk memberikan berbagai informasitentang pembelajaran. Penilaian pembelajaran terfokus pada pada proses dan hasil.
adalah Proses atau kegiatan untuk menentukan kuantitas suatu pembelajaran.
Tujuan Umum adalah untuk mengetahui keefektifan dan efisiensi sistem pembelajaran
Tujuan Khusus adalah
1. Untuk mengetahui perincian terhadap ruang lingkup evaluasi
2. Melakukan perincian terhadap proses mental yang akan dievaluluasi
Tujuan Penilaian adalah Untuk membantu belajar peserta didik, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan peserta didik, menilai efektivitas strategi pembelajaran, menilai dan meningkatkan efektivitas program kurikulum, menilai dan meningkatkan efektivitas pembelajaran menyediakan data yang membantu dalam membuat suatu keputusan, komunikasi dan melibatkan orang tua peserta didik.
No comments:
Post a Comment